5 Tips Mencuci Bersih Maksimal Dengan Mesin Cuci

11 11-2015
5 Tips Mencuci Bersih Maksimal Dengan Mesin Cuci

Mencuci dengan mesin cuci memang lebih praktis dan hemat tenaga daripada mencuci dengan menggunakan tangan. Namun apakah Anda termasuk orang yang puas dengan hasil cucian dengan mesin cuci atau justru sebaliknya? Ada beberapa faktor kenapa hasil cucian dengan mesin cuci tidak bersih maksimal seperti banyaknya pakaian yang dimasukkan, takaran detergen dan jenis detergen yang digunakan. Berikut tips agar hasil cucian mesin cuci bisa bersih maksimal.

1. Masukkan Pakaian Sesuai Kapasitas

Jangan memasukkan banyak pakaian sekaligus ke dalam tabung mesin cuci sehingga melebihi kapasitas yang disarankan. Jumlah pakaian yang melebihi kapasitas akan memberatkan kinerja mesin cuci sehingga proses pencucian tidak maksimal selain dapat merusak mesin cuci dan memperpendek usia mesin cuci. Memasukkan terlalu sedikit dari kapasitas mesin cuci juga tidak disarankan. Selain boros tenaga mesin juga boros air.

2. Jangan Gunakan Detergen Biasa

Perlu kita ketahui bahwa detergen yang digunakan untuk mesin cuci dengan detergen biasa yang digunakan untuk mencuci pakaian dengan tangan berbeda. Detergen biasa akan efektif jika kita mencuci pakaian dengan menggunakan tangan. Hal ini karena detergen biasa akan bekerja dan berbusa saat kita mengucek dengan jumlah air yang sedikit.

Jika detergen biasa digunakan untuk mesin cuci dengan kadar air yang cukup banyak, maka detergen tersebut akan langsung larut dan terdilusi sehingga tidak dapat menghilangkan kotoran secara maksimal. Selain itu jika kita menggunakan detergen biasa maka akan meninggalkan residu di baju, drawer, drum atau pipa mesin cuci. Solusinya gunakan deterjen wangifresh karena sudah GOGREEN ISO 9001 : 2008 Certificate Id 10/1102954008 | MUI Halal 00080024600503

3. Gunakan Detergen Khusus Untuk Mesin Cuci

Mesin cuci membutuhkan detergen khusus dengan kadar konsentrat dan tingkat bahan aktif yang berbeda dengan deterjen biasa. Detergen ini khusus digunakan mencuci dengan jumlah air yang banyak seperti pasa mesin cuci. Dimana mesin cuci membutuhkan air setidaknya 40 liter air dalam sekali mencuci. Gunakan deterjen wangifresh karena sudah GOGREEN ISO 9001 : 2008 Certificate Id 10/1102954008 | MUI Halal 00080024600503

4. Gunakan Detergen Sesuai Takaran

Jangan gunakan detergen melebihi takaran hanya agar ingin hasil cucian lebih bersih.Gunakan detergen sesuai takaran untuk hasil cucian yang bersih maksimal. Karena busa yang berlebihan akibat takaran detergen yang melebihi takaran akan mempengaruhi kinerja mesin cuci untuk mencuci dengan maksimal.

Apalagi jika Anda menggunakan mesin cuci bukaan depan (front loading) yang merupakan jenis high efficiency yang menggunakan air 20-60% lebih sedikit dibandingkan mesin cuci biasa.

Busa yang terlalu melimpah pada mesin cuci bukaan depan akan memberatkan sistem spin horizontal-nya sehingga umur mesin cuci lebih pendek. Busa yang terlalu melimpah dapat menghambat aliran air dan putaran mesin sehingga hasil cucian tidak bersih maksimal.

5. Gunakan Air Sesuai Takaran

Baca petunjuk dalam pengisian air dan jangan melebihi takaran. Apalagi jika Anda mengisi air secara manual (karena air kran mati). Hentikan pengisian air begitu semua pakaian sudah terendam atau setidaknya 40 liter dalam sekali penggunaan.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.


Pencarian terkait:cara mencuci pakaian dengan mesin cuci agar bersih,tips mencuci baju dengan mesin cuci,tips mencuci dengan mesin cuci agar bersih,tips mencuci dengan mesin cuci,mencuci pakean agar bersih pake media cuci,tips mencuci pakaian dengan mesin cuci,cara mencuci baju yang bersih dengan mesin cuci,cara mencuci dengan mesin cuci agar,cara mencuci pakaian dengan mesin cuci,cara merendam baju dimesin cuci bukaan depan

Related article